Translate

Sabtu, 30 Maret 2013

Mengatasi Kulit Kepala yang Terlalu Berminyak

Mengatasi Kulit Kepala yang Terlalu Berminyak


Banyak faktor penyebab kulit kepala mengeluarkan minyak yang berlebihan. (iStockphoto)
Saya memiliki permasalahan rambut yang sangat mengganggu. Kulit kepala saya mengeluarkan terlalu banyak minyak sehingga menjadi bau. Efeknya, rambut juga lepek. Bagaimana mengatasi ini?
Vivit

Banyak faktor penyebab kulit kepala mengeluarkan minyak yang berlebihan. Ada yang eksternal seperti lingkungan (panas matahari, emisi asap kendaraan, dan kotoran), makanan, dan kebiasaan sehari-hari (memegang dan membelai rambut dengan tangan yang kotor). Sedangkan faktor internal antara lain minyak (sebum) yang keluar dari pori-pori kepala.

Sebum adalah campuran lemak, kolesterol, protein, dan garam tak organik. Sebum atau kelenjar minyak terletak di seluruh badan kecuali telapak tangan dan kaki. Pada rambut, produksi sebum yang berlebihan itulah yang menyebabkan rambut menjadi berminyak dan lepek. Namun dalam produksi wajar, sebum justru minyak yang berfungsi untuk melindungi elemen rambut dan mengatur keseimbangan kelembapan rambut.

Jadi selain merugikan, sebum juga berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga produksi sebum tersebut tidak berlebihan. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak:

1. Cucilah rambut setiap hari atau ketika rambut sudah terlihat kotor. Fokuskan pada helai rambut, hindari menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan produksi minyak meningkat, dan pastikan membilas rambut dengan air dingin sampai bersih.

2. Pastikan tangan Anda bersih saat membelai rambut. Tangan yang kotor dapat menyebabkan rambut semakin kotor.

3. Hindari menggunakan produk styling rambut terlalu sering.

4. Hindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak secara berlebihan. Imbangi dengan mengkonsumsi buah segar dan sayuran.

dikutip:http://id.she.yahoo.com/mengatasi-kulit-kepala-yang-terlalu-berminyak-010536177.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar