Translate

Kamis, 07 Maret 2013

Jika Ukuran Payudara Kiri dan Kanan Berbeda

<p><strong>Prevent breast cancer:</strong> Multiple research studies have revealed that eating certain foods can minimize the risk of developing breast cancer. Make sure to include flax seeds, walnuts, cranberries and omega-3 fatty acids (found in oily fish, avocados and eggs) in your diet. More <a href="http://in.lifestyle.yahoo.com/10-tips-better-boobs-094234525.html" target="_blank">tips for healthy breasts</a>.</p>

Tanya:
Payudara saya ukurannya beda, yang kanan kecil dan yang kiri besar. Itu kenapa ya, Dok? Mohon penjelasannya.
Winda, Banten

Jawab:
Dear Winda,

Ukuran payudara kanan dan kiri pada seorang wanita memang bisa berbeda. Hal ini bahkan cukup sering terjadi. Hanya sedikit wanita yang merasakan bahwa ukuran payudara kiri dan kanannya benar-benar seimbang secara sempurna.

Sebuah penelitan menyatakan bahwa berat rata-rata total jaringan payudara pada wanita adalah sekitar 16-17 ons.  Rata-rata perbedaan berat payudara kanan dan kiri adalah 1,7-2 ons.

Penyebab terjadinya perbedaan volume dan berat pada payudara kiri dan kanan hingga saat ini belum diketahui dengan pasti. Namun demikian, kadar hormon estrogen dalam tubuh diduga memiliki faktor penting yang menunjang terjadinya hal ini. Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa apabila perbedaan berat payudara kiri dan kanan melebihi 3,4 ons, maka risiko terjadinya kanker payudara di masa depan pada orang tersebut akan meningkat sebanyak 50%.

dr. JanfrionalUntuk saat ini, selama tidak terjadi nyeri payudara dan tidak terdapat benjolan apa pun pada payudara, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan, karena perbedaan ukuran payudara yang masih dalam rentang berat yang disebutkan di atas adalah masih dalam batas normal. Bila anda sudah berusia di atas 20 tahun, kuasailah teknik pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Hal ini akan membantu Anda untuk memeriksa dan memantau payudara Anda secara berkala. Bila sudah di atas 40 tahun, dianjurkan untuk rutin mengikuti pemeriksaan mammografi rutin satu kali setiap tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar