Translate

Kamis, 28 Februari 2013

Normalkah Terlalu Sering Mimpi Basah?

Normalkah Terlalu Sering Mimpi Basah?

Learn about the best ways to fall asleep immediately. Get free tips on falling asleep quickly and solving common sleeping problems 
Tanya:
Dok, terkadang selama seminggu saya bisa mimpi basah 2-3 kali. Apakah itu normal? Saya mengalami mimpi basah pertama kali saat umur 16 tahun.
Alex, 18 tahun

Jawab:
Dear Alex,

Hal tersebut masih dalam batas yang wajar dan normal.
Mimpi basah dalam istilah medis disebut sebagai emisi nokturnal. Hal ini terjadi akibat produksi hormon testosteron yang mulai meningkat pada saat remaja. Begitu produksi hormon testosteron meningkat, maka sperma mulai diproduksi di dalam buah zakar (testis). Produksi sperma dan semen (cairan sperma) dapat terus menumpuk di dalam tubuh. Salah satu cara tubuh untuk untuk mengeluarkan penumpukan tersebut adalah melalui mimpi basah. Mimpi basah pada remaja adalah hal yang sering sekali terjadi, walaupun belum tentu semua remaja mengalami mimpi basah.

Frekuensi mimpi basah juga sangat bervariasi bagi setiap orang. Sebagian orang mengalami mimpi basah sebanyak beberapa kali dalam seminggu, sedangkan sebagian orang yang lain mungkin hanya mengalami mimpi basah sebanyak beberapa kali sepanjang hidup mereka. Hal ini merupakan variasi frekuensi yang normal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Seiring dengan bertambahnya usia dan seiring dengan berakhirnya masa remaja (di atas 18-21 tahun), biasanya frekuensi mimpi basah akan semakin menjadi berkurang.

dr. JanfrionalSetiap kali mengalami mimpi basah, sangat penting bagi Anda untuk segera mandi dan membersihkan diri segera setelah bangun tidur. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi dan menjaga kebersihan alat kelamin.

Semoga membantu.


dr. Janfrional
www.MeetDoctor.com

1 komentar:


  1. Memasuki masa remaja bagi seorang remaja laki-laki, tentu tidak akan lepas dari masa akil baliq atau pubertas. Berbagai pertanyaan tentu timbul dalam benak dan keingintahuan yang besar tentang perubahan yang terjadi pada dirinya. temukan jawabnnya mimpi basah di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan

    BalasHapus