Translate

Kamis, 21 Februari 2013

Penyebab Gairah Seks Menurun

Penyebab Gairah Seks Menurun

El día de los enamorados también es el Día Europeo de la Salud Sexual

Apakah gairah seks Anda sedang dalam kondisi mencemaskan? Apakah Anda atau pasangan kehilangan gairah dalam melakukan hubungan seks? Berbagai faktor psikis dan fisiologis bisa berpengaruh pada libido Anda. Berikut beberapa penyebab hasrat seks hilang:

1.    Penyebab hasrat seks hilang: Masalah yang tidak terselesaikan
Hubungan yang tidak harmonis merupakan salah satu dari penyebab umum hasrat berhubungan seks padam. Utamanya bagi para wanita, kedekatan emosional merupakan bahan dasar dari hasrat melakukan hubungan seks. Perdebatan yang sengit, komunikasi yang kurang, pengkhianatan, dan hambatan lain dari keintiman bisa menghilangkan hasrat Anda dalam melakukan hubungan seks.

2.    Penyebab hasrat seks hilang: Alkohol
Meminum segelas atau dua gelas alkohol tidak selalu membuat mood Anda bagus. Alkohol terkenal dapat membuat Anda merasa sangat bergairah dalam melakukan hubungan seks. Namun alkohol juga bisa membuat gairah seks Anda mati rasa. Dan bahkan jika alkohol tidak membuat seks Anda mati rasa, keadaan mabuk dapat menghilangkan gairah pasangan Anda. Hal ini juga berlaku sama pada narkotik.

3.    Penyebab hasrat seks hilang: Kurang tidur
Jika gairah seks Anda datang dan pergi, barangkali Anda bangun terlalu pagi atau tidur terlalu larut. Atau bahkan Anda mengalami insomnia atau mengalami gangguan tidur lainnya. Apa pun itu, semua gejala yang mengganggu tidur Anda dapat menghilangkan gairah seks. Kurang tidur juga bisa menyebabkan kelelahan. Kelelahan dapat mengurangi gairah melakukan seks.

4.    Penyebab hasrat seks hilang: Mengasuh anak
Mengasuh anak sebenarnya tidak mengganggu gairah seks. Namun akan sangat sulit menemukan waktu untuk melakukan hubungan seks saat anak Anda masih terjaga. Sewalah pengasuh bayi agar Anda bisa menemukan waktu untuk berduaan. Anda baru memiliki bayi? Cobalah untuk mengatur jadwal seks di sela-sela waktu tidur bayi Anda.

5.    Penyebab hastat seks hilang: Obat-obatan

Obat-obatan yang bisa menyebabkan libido Anda hilang antara lain:
Antidepresan
Obat untuk tekanan darah
Anthihistamine
Kontrasepsi oral (beberapa penelitian menunjukkan positif ada hubungannya dengan berkurangnya gairah seks, beberapa lainnya tidak menemukan hubungannya)
Kemotrapi
Obat Anti-HIV
Finasteride
Synthetic progesterone-medroxyprogesterone
Mengganti obat-obatan lain atau dosis yang berbeda mungkin bisa mengatasi masalah. Obat-obatan lain mungkin juga bisa memengaruhi gairah seks. Jika gairah seks Anda berubah setelah mengonsumsi obat yang berbeda, hubungi dokter Anda. Jangan pernah berhenti meminum obat Anda tanpa anjuran dokter.


6.    Penyebab hasrat seks hilang: Bentuk tubuh yang jelek
Sangat sulit merasa seksi jika Anda kurang merasa percaya diri akibat bentuk tubuh yang tidak terlalu bagus. Contohnya, merasa malu karena terlalu gemuk akan memadamkan api cinta Anda. Jika pasangan Anda memiliki perasaan semacam ini, maka akan sangat membantunya jika Anda meyakinkannya kembali bahwa Anda masih menemukan sisi seksi dari dirinya. Berolahraga tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri Anda, tapi juga menambah gairah seks Anda.

7.    Penyebab hasrat seks hilang: Kegemukan

Kelebihan berat badan atau kegemukan, sangat berkaitan dengan berkurangnya kenikmatan dalam berhubungan seks, gairah, kesulitan dalam melakukan hubungan seks. Alasannya masih belum jelas, namun hal tersebut bisa saja berkaitan dengan rasa percaya diri, ketidakpuasan dalam hubungan, stigma sosial, dan masalah psikis lainnya.

8.    Penyebab hasrat seks hilang: Disfungsi ereksi
Disfungsi ereksi merupakan jenis kelainan seksual yang berbeda dari hilangnya libido. Namun para pria dengan kelainan tersebut seringkali merasa khawatir akan memengaruhi kemampuan seksual mereka. Dan kekhawatiran tersebut dapat memengaruhi gairah melakukan hubungan seks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar